Kamis, 25 Maret 2010

Bencana Alam dan Kematian Masal



BENCANA ALAM DAN KEMATIAN MASAL

H.E Semedi juga mengulas mengenai tentang bencana alam dan kematian masal dalam Surat Al Haaqqah 69 : 13-19 serta Surat Az Zalzalah 99 : 1 – 6 sebagai berikut :

DAN APABILA SANGKALA BERBUNYI SEKALI TIUPAN. DAN BUMI BESERTA GUNUNG-GUNUNG DIANGKAT DAN DIHANCURKAN DENGAN SEKALI BENTURAN. MAKA PADA HARI ITU TERJADILAH PERISTIWA. DAN TERBELAHLAH LANGIT, KARENA PADA HARI ITU LANGIT MENJADI LEMAH. DAN PARA MALAIKAT AKAN BERADA DI PENJURU-PENJURU. PADA HARI ITU KAMU AKAN DISINGKIRKAN, TIADA RAHASIA KAMU SEBUAHPUN YANG AKAN DISEMBUNYIKAN. ADAPUN ORANG YANG DIBERI CATATANNYA KE DALAM TANGAN KANANNYA, IA AKAN BERKATA : “AMBILLAH, BACA KITABKU !” (AL HAAQQAH 69 : 13 – 19).

BILAMANA BUMI DIGONCANGKAN DENGAN GEMPA BUMINYA. DAN BUMI MENGELUARKAN BEBAN-BEBANNYA. DAN MANUSIA BERKATA : “MENGAPA BUMI INI ?” PADA HARI ITU BUMI AKAN MENCERITAKAN KISAHNYA. KARENA TUHAN-MU MENGILHAMINYA. PADA HARI ITU UMAT MANUSIA AKAN KELUAR BERGOLONG-GOLONGAN UNTUK DIPERLIHATKAN PERBUATAN-PERBUATANNYA (AZ ZALZALAH 99 : 1-6).

Menurut H.E Semedi bila ayat-ayat dari kedua Surat di atas ditafsirakan secara harfiah, maka setiap orang pasti akan berfikir bahwa orang-orang mati harus menunggu sampai terjadinya kehancuran total pada akhir zaman sebelum mereka dibangkitkan kembali dan dihisab amal perbuatannya.

Ayat-ayat dari kedua Surat tersebut mengungkapkan dan menggambarkan suatu tragedi, suatu peristiwa yang dahsyat, suatu dramatisasi agar kita menghayati adanya peristiwa besar yang terjadi baik pada seseorang maupun pada sekelompok atau suatu umat yang mengakibatkan kematian ataupun kehancuran umat tersebut secara masal. Misalnya gempa bumi, letusan gunung berapi atau bencana alam lainnya seperti dalam riwayat kota Sodom dan Gomorah. Pada peristiwa tersebut terjadi kematian secara serempak, kemudian mereka akan dihisab dan dibangkitkan kembali sesuai dengan kadar keimanannya masing-masing. Bagi mereka yang soleh tidak akan gentar, tidak ada keraguan untuk memperlihatkan buku catatan amalnya kepada siapapun juga … Mereka ini yakin bahwa Maha Benar Allah dengan segala Firman-Nya. Mereka yakin bahwa Allah tidak akan mengingkari janjinya.



[ Kembali ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar